Rabu, 26 Oktober 2016

STRATEGI SUKSES KULIAH DI IPB



KATA PENGANTAR

(DAPATKAN BUKUNYA GRATIS DI SINI)



Bismillaahirrohmaanirrohiim

”Supaya nggak jatuh ke lubang yang sama”. Demikianl ah kira-kira tujuan terbesar disusunnya buku ini. Buku ini berisikan pengalaman dari para mahasiswa senior maupun alumni, mahasiswa yang sukses maupun mahasiswa yang gagal, mahasiswa yang kuliahnya lancar maupun mahasiswa yang kuliahnya tertatih-tatih, mahasiswa yang IPK-nya < 2,5 maupun mahasiswa yang IPK-nya > 2,5, mahasiswa yang lulusnya kurang dari 4 tahun maupun mahasiswa yang lulusnya sampai 7 tahun.

Kalau kita perhatikan, selalu saja ada mahasiswa IPB yang lulusnya telat (> 4 tahun). Dan ternyata jumlahnya nggak dikit. Bahkan ada yang 7 tahun baru lulus (pada wisuda bulan Oktober 2009, ada mahasiswa angkatan 36 yang 10 tahun [120 bulan] baru lulus).

Sebagai gambaran, berikut ini data mahasiswa yang lulusnya lebih dari 4 tahun. Data ini kami ambil dari buku Wisuda Tahap I tahun akademik 2009/2010 pada tanggal 13 dan 14 Oktober 2009.


No
Fakultas
Mahasiswa S1 IPB Yang Lulusnya Lebih Dari 4 Tahun








4 s/d 5 thn
5 s/d 6 thn
6 s/d 7 thn
7 thn lebih






1
Pertanian
32
4
9
6
2
Kedokteran Hewan
1
1
1
-
3
Perikanan dan Ilmu
38
6
1
1

Kelautan




4
Peternakan
7
2
3
2
5
Kehutanan
21
4
1
1
6
Teknologi Pertanian
15
2
-
3
7
MIPA
48
11
5
2
8
Ekonomi dan Manajemen
7
2
1
-
9
Ekologi Manusia
-
-
-
-

Jumlah
160
32
21
15

Sekarang, yang jadi pertanyaan adalah: Kenapa hal ini bisa terjadi? Kenapa mereka bisa lulus telat? Kenapa mereka tidak bisa lulus tepat waktu 4 tahun atau bahkan kurang? Inilah yang ingin kami bahas dalam buku ini.

Ternyata,
dari hasil pengamatan, hasil bincang-bincang, dan hasil diskusi kami ada banyak faktor yang melatarbelakanginya. Ada banyak faktor yang menyebabkan mahasiswa lulus lebih dari 4 tahun, dan ada banyak faktor juga yang menyebabkan mahasiswa lulus pas 4 tahun atau kurang.






 BELAJAR DARI PENGALAMAN

Melalui buku ini, kami ingin mengajak kamu-kamu semua (yang saat ini masih ”berenang-renang” menuju gedung GWW) unt uk mengambil pelajaran dari pengalaman para seniormu. Sebab,” Historia vitae magistra.” Artinya, ”Pengalaman adalah guru yang terbaik”.

Dalam buku ini kami sajikan beberapa sebab kegagalan dan kesuksesan seorang mahasiswa dalam menjalani perkuliahan. Harapan kami, kamu-kamu semua yang baca buku ini bisa menghindari sebab-sebab kegagalan, dan mau menapaki jejak-jejak kesuksesan.

Ada banyak contoh pengalaman mahasiswa yang kami sampaikan di sini. Sekitar 90% kisah yang kami bawakan berasal dari pengalaman mahasiswa IPB sendiri, sedangkan sisanya dari luar IPB yang kami anggap bisa juga dijadikan sebagai pelajaran.

Sengaja dalam penyampaian kisah, kami nggak menyebutkan nama. Paling-paling kami sebutkan fakultas dan angkatannya saja. Sebab menurut kami, yang terpenting adalah mengambil pelajaran dari pengalaman. Adapun soal nama nggak terlalu penting. ” Unzhur maa qoola, wa la tanzhur man qoola”, demikian kata orang Arab. Artinya, ”Lihatlah apa yang dikatakan, dan jangan lihat siapa yang mengatakan”.

ATURAN PAKAI

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari buku ini, sebelum membaca, sebaiknya:

Kamu munculkan gairah yang membara dan keinginan yang sungguh-sungguh untuk belajar, dan ketetapan hati yang kuat untuk meraih sukses.

Sambil membaca, bawalah pena. Lebih bagus lagi pena berwarna atau semacam stabilo. Jika kamu menjumpai saran yang mungkin bisa kamu praktikkan, atau kisah yang membuatmu termotivasi dan terinspirasi untuk melakukan sesuatu maka berilah tanda, agar ketika kamu membaca pada kedua kalinya, kamu bisa lebih memfokuskan membaca pada halaman-halaman buku yang telah kamu tandai.

Kami yakin, setelah membaca buku ini kamu akan lebih bersemangat untuk bisa lulus IPB tepat waktu. Sebab kamu telah mengetahui jalur-jalur mana saja yang harus dilalui untuk bisa meraihnya. Oleh karena itu saran kami:

1.       Ajarkanlah kepada orang lain tentang isi buku ini. Dengan kamu mengajarkan ke orang lain, maka kamu akan semakin ingat. Ilmu yang kamu dapat akan semakin melekat.


 2.       Praktikkan! Sebab tanpa praktik ilmu nggak ada gunanya. Dengan praktik maka keajaiban datang.
3.       Lakukanlah evaluasi

4.       Belajar...belajar...belajar...! Tiada hari tanpa belajar. Belajarlah dari yang terbaik.

5.       Perbaiki rencana dan tindakan yang nggak membawa hasil. Ulangi serta tingkatkan tindakan yang membawa hasil.

6.       Praktikkan lagi
7.       Terus sampai berhasil

8.       Berdoalah dan mintalah petolongan hanya kepada Alloh Subhanahu wa Ta’ala .

PENUTUP

Akhir kata, jika dalam penyampaian ada kata-kata yang kurang berkenan, ada goresan pena yang kurang indah, penyusunan kalimat yang nggak teratur, pembahasan yang kadang ngelantur, pemberian titik koma yang kurang tepat, dan banyak penggunaan ”EYD” (Ejaan Yang Dipa ksakan), kami mohon dibukakan pintu maaf yang seluas-luasnya. Sebab tiada maksud lain dari kami selain untuk menebar kebaikan sebanyak-banyaknya lewat buku ini.
Pesan terakhir kami:

ANDA KECEWA, HUBUNGI KAMI!

ANDA SENANG, HUBUNGI KAWAN!

Jadi, jika kamu memperoleh manfaat dari buku ini, ceritakanlah kepada teman-temanmu yang lain agar mereka juga bisa kecipratan manfaatnya. Namun, jika menurutmu buku ini nggak ada manfatnya, sampaikanlah ke kami agar kami bisa memperbaikinya dan mengubahnya menjadi buku yang bermanfaat. Kami tunggu saran dan kritik yang membangun. Semoga kita semua sukses selalu. Wassalam.


Dramaga Bogor, Januari 2010





Penyusun:

Tim Riset Kampus Dalam Press

Tidak ada komentar:

Posting Komentar